Usaha yang tahan lama dan mendatangkan banyak pelanggan adalah impian semua orang. Namun, sayangnya masih banyak yang tidak tahu cara menentukan strategi yang tepat agar bisnis semakin ramai diminati calon pelanggan.
Nah, untuk membantu agar bisnis semakin lancar, berikut ini sudah kami rangkum kiat-kiat yang bisa dilakukan agar usahamu semakin ramai dikenal.
Kiat-kiat Agar Bisnis Onlinemu Semakin Ramai
1.Terapkan Strategi Pemasaran Modern
Kunci dalam sebuah bisnis adalah kualitas produk dan strategi pemasaran. Jika keduanya berhasil kamu kombinasikan, maka peluang untuk meraih kesuksesan akan semakin terbuka lebar.
Perlu diketahui, saat ini ada banyak strategi pemasaran modern yang bisa kamu lakukan. Mulai dari memanfaatkan influencer, memasang iklan, hingga menjalankan SEO, jika belum tahu apa itu SEO, bisa cek disini Pengertian apa itu SEO untuk meningkatkan performa website jualan. Jika kamu belum punya website, kamu bisa mulai dengan melakukan domain check untuk memastikan nama domain belum dipakai orang.
Berbagai channel marketing di atas tentu bisa dijadikan sebagai opsi ketika bisnis yang kamu rintis tidak juga mengalami peningkatan dari segi profit dan pelanggan.
2.Memanfaatkan Perkembangan Teknologi
Berikutnya, agar bisnis onlinemu semakin ramai kamu juga bisa memanfaatkan berbagai teknologi sebagai penunjang produksi maupun pemasaran.
Saat ini sudah banyak alat yang bisa membantu otomatisasi produksi, sebagai pemilik bisnis toko kelontong misalnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Point of Sales (POS) untuk membantu proses akuntansi penjualan selama sebulan. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih fokus untuk melakukan produksi dan bisa lebih cepat mengambil kebijakan berdasarkan data yang dikumpulkan. Sangat menarik, bukan?
3.Menawarkan Diskon untuk Pelanggan
Menawarkan diskon atau potongan harga juga bisa menjadi solusi jitu untuk menarik banyak calon pelanggan. Maka dari itu, tidak heran jika para pebisnis umumnya melakukan hal ini untuk membuat usaha mereka langsung ramai di awal peluncuran.
Kendati demikian, strategi ini biasanya tidak bisa dilakukan secara jangka panjang. Pasalnya, akan ada satu titik dimana kamu harus mengurangi atau bahkan menghentikan pemberian diskon produk kepada pelanggan, karena bagaimanapun juga bisnis harus bisa menghasilkan profit penjualan.
4.Menerapkan Content Marketing
Di era media sosial seperti sekarang, content marketing menjadi salah satu kunci sukses bagi para pebisnis. Dengan menerapkan strategi content marketing yang unik, menarik, dan original, maka hal ini akan menarik banyak audiens baru yang penasaran dengan produk yang kamu jual.
Perhatian dari para calon konsumen potensial ini kemudian bisa kamu olah kembali menjadi leads ataupun konsumen melalui konten edukasi produk, informasi, ataupun teaser yang menampilkan profil perusahaan.
5.Fokus Pada Produk Unggulan
Memulai bisnis online memang sangat gampang dan tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Alhasil, para pebisnis kerap kali tidak memperhatikan fokus jualan mereka sehingga dalam satu toko bisa menjual banyak kategori barang yang justru bisa membuat pengunjung merasa bingung.
Jika kamu ingin mendapatkan konsumen loyal yang bisa semakin meramaikan bisnis, sebaiknya dimulai dari memfokuskan produk unggulan. Misalnya, jika kamu berjualan baju muslim wanita, maka jangan langsung menambahkan pakaian anak-anak atau pria di katalog produk yang sudah ada.
Lebih baik kamu fokus untuk mencari vendor baju muslim wanita terbaik, memperbanyak koleksi, rutin membuat model baru, dan lain sebagainya sehingga bisnis kamu bisa semakin dikenal di target pasar tertentu.
Memiliki authority atau brand awareness di lini produk tertentu sangat bermanfaat di era persaingan serba ketat seperti sekarang. Jadi, jangan sampai hal ini dikesampingkan jika kamu ingin membuat usaha semakin ramai pelanggan.
6.Tampilkan Testimoni Pelanggan
Testimoni biasanya dibutuhkan untuk meyakinkan calon konsumen bahwa produk yang kamu jual memang benar-benar berkualitas. Maka dari itu, kamu harus menampilkan testimoni pelanggan di halaman depan yang mudah dilihat oleh para calon pelanggan.
Jika kamu masih pebisnis pemula dan belum banyak mendapatkan testimoni, kamu bisa mengajak saudara, teman, atau rekan kerja untuk menjadi tester. Berikan mereka produk yang ingin kamu pasarkan, kemudian minta mereka mencoba dan memberikan testimoni sebagai bentuk apresiasi.
7.Melakukan Inovasi Produk
Dalam sebuah bisnis, inovasi merupakan aspek yang sangat penting. Tanpa adanya inovasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan serta perkembangan jaman, perusahaan kamu lambat laun akan tertinggal dari kompetitor.
Sebagai contoh, Nokia dan Yahoo di awal era tahun 2000-an merupakan dua buah raksasa bisnis yang hampir mustahil untuk gagal. Namun apa yang terjadi, dalam waktu kurang dari 15 tahun, kerajaan bisnis mereka runtuh akibat satu hal. Yakni terlalu besar kepala sehingga mereka tidak mau melakukan inovasi yang saat itu tengah berkembang.
Lantas, bagaimana cara melakukan inovasi yang tepat? Untuk bisa mendapatkan ide inovasi yang tepat kamu harus lebih peka terhadap perubahan dan keinginan pasar. Lakukan survei di segmen produk yang disasar, kemudian ambil kesimpulan.
Pada dasarnya, membuat bisnis ramai pelanggan memang tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Perlu usaha, niat serta ketekunan agar upaya kamu bisa membuahkan hasil.Meski begitu, jangan pernah menyerah untuk mencoba ya!